Kliping Berita

Warga Tionghoa Makassar Bersiap Sambut Imlek

MAKASSAR–MICOM: Sekitar 110 ribu warga keturunan Tionghoa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan melakukan berbagai persiapan menyambut tahun baru Imlek 2563.

“Persiapan itu diantaranya pembersihan rumah ibadah atau klenteng dan persiapan di rumah masing-masing,” kata tokoh masyarakat Tionghoa Yongris di Makassar, Kamis (12/1).

Ia mengatakan, perayaan Imlek yang lebih dikenal sebagai tahun baru China, sudah menjadi agenda tahunan yang biasanya disambut dengan meriah. Sementara mengenai ribuan masyarakat Tionghoa yang tersebar bukan hanya di Makassar, namun juga di daerah lainnya di Sulsel, dia mengatakan berasal dari berbagai suku dari negeri Tiongkok. Suku tersebut diantaranya suku Kantonis, Hakka, Hainan, Hokkien, Hokchia, Tiochiu dan lain-lain.

Sementara itu, lanjut Wakil Walubi Sulsel ini, untuk menyambut Imlek dan Cap Go Me, sejak beberapa hari lalu telah dibentuk kepanitiaan untuk persiapan ibadah di kelenteng.

Adapun klenteng yang akan menjadi pusat peribatan warga keturunan Tionghoa di Makassar diantaranya di Xiang Ma, Vihara Ibu Agung Bahari, Klenteng Pangku Ong Galesong, Cetiya Maha Dharma, Cetiya Dharma Setia Budi, Dharma Agung dan Cetiya Panca Dharma Selatan.

“Namun inti dari kegiatan dan perayaan Imlek ini adalah menerbarkan kasih sayang dan perdamain, bukan untuk hura-hura,” katanya. (Ant/OL-04)

 

sumber

http://www.mediaindonesia.com

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close