Khusus

UNGKAPAN SOLIDARITAS BERSAMA UMAT BERAGAMA

Dalam menghadapi situasi pandemi Virus Corona (COVID-19)

Salam Perdamaian!

Menyikapi kondisi sosial masyarakat baik secara global maupun nasional terkait pandemi Virus Corona (Covid-19) diperlukan kebersamaan berbagai komunitas umat beragama. Sebuah apresiasi yang tinggi patut disampaikan kepada berbagai komunitas umat beragama dalam solidaritas sesama anak bangsa atas respon dan tanggapan terhadap pandemi Virus Corona (Covid-19). Pemerintah dengan hati-hati telah memberikan sikap dan tindakan yang tepat sebagai bentuk tanggungjawab dalam mengupayakan pelayanan yang terbaik bagi warganya guna menanggulangi sekaligus melindungi penularan yang semakin luas.

Berbagai himbauan mengedepankan perlunya sikap agar tetap tenang dan waspada serta tetap mengikuti petunjuk dan arahan pemerintah baik melalui pernyataan presiden maupun berbagai aksi tim kerja percepatan penanganan pandemi Virus Corona (Covid-19).

Solidaritas bersama bangsa ini sangat diperlukan dengan sebuah perasaan senasib sepenanggungan atas musibah pandemi ini. Dengan demikian diperlukan Solidaritas bersama umat beragama dalam mengahadapi situasi pandemi Virus Corona (Covid-19). Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) bersama dengan tokoh berbagai lembaga agama dan masyarakat menyampaiakan ungkapan solidaritas bangsa sebagai berikut:

  1. Secara kongkret mengmundang bersama tiap-tiap komunitas umat beragama agar menyatukan diri sebagai bangsa dalam doa agar wabah ini segera berlalu dengan korban sesedikit mungkin.
  2. Kita sesama anak bangsa merasakan bersama keprihatinan dan solidaritas kemanusiaan atas pandemi Virus Corona (Covid-19) .
  3. Secara aktif dan terencana mendukung setiap usaha pemerintah maupun masyarakat dalam berbagai upaya penanggulangan Virus Corona (Covid-19) untuk keselamatan bersama. Secara khusus penerapan social distance 14 hari kedepan dengan tujuan memutus mata rantai penularan.
  4. Dengan tegas menolak manipulasi terutama pemakaian jargon agama untuk menghukum pihak lain dengan mengkambinghitamkan baik itu terkait suku agama dan ras.
  5. Mendukung dan mengapresiasi sepenuhnya berbagai inisiatif setiap orang yang bekerja keras melawan virus, khususnya tenaga kesehatan dan relawan kemanusiaan.
  6. Dalam situasi seperti ini, kepanikan dan bisa saja mementingkan diri atau kelompok masing-masing akan menguat. Justru melalui kesempatan ini solidaritas, kebersamaan dan gotong royong bisa menjadi modal sosial yang besar kita bersama menghadapi pandemi ini.
  7. Sebagai bentuk kongkret kami mengusulkan gotong-royong bersama melalui pembentukan relawan damai dalam rangka percepatan penanggulangan dampak buruk pandemi Virus Corona (Covid-19) melaui aksi kongkret gotong royong melakukan sterilisasi rumah-rumah ibadah dengan pendampingan para ahli.

Tuhan Maha Kasih akan selalu melindungi Indonesia sebagai bangsa yang besar. Demikian ungkapan Solidaritas Bersama Umat Beragama dalam menghadapi situasi pandemi Virus Corona (Covid-19) ICRP bersama berbagai tokoh agama dan masyarakat.

Jakarta, 18 Maret 2020

Atas Nama Indonesian Conference On Religion And Peace

Musdah Mulia                                                                         Johannes Hariyanto, SJ

Ketua Umum Yayasan                                                          Sekretaris Umum Yayasan

 

Download:

 

 

Tags
Show More

Kris Hidayat

Bidang Filantropi dan Pengembangan Masyarakat ~ ICRP

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close