Kliping Berita

Tiga Kerusuhan dalam Sepekan

Dalam sepekan terakhir 3 daerah di Indonesia diguncang kerusuhan, mulai dari bentrok warga hingga amuk massa. Anehnya, polisi seakan kalah daya dengan massa.

Kerusuhan di pekan ini terjadi di Mesuji, Lampung, pada 3 Mei 2012. Massa yang sudah 4 hari menyegel dan berdiam di Kantor Pemkab Mesuji, akhirnya merusak dan membakar bangunan pemerintah.

Pemicu dari aksi itu adalah persetujuan Kementerian Dalam Negeri memecat Wakil Bupati Mesuji Ismail Ishak. Massa yang diduga pendukung Ismail lalu bertindak membela Wakil Bupati yang telah setahun menjadi napi itu. Ismail dipenjara karena korupsi dana penyertaan modal BUMN senilai Rp1,4 miliar.

Anehnya dalam peristiwa Mesuji itu, polisi baru tiba di lokasi ketika massa sudah pergi meninggalkan bara api.

Di hari yang sama, Kota Solo diguncang bentrok warga. Dua kelompok warga bentrok di Jalan RE Martadinata, Kampung Gandekan, Kecamatan Jebres. Dalam peristiwa ini pun polisi tak berdaya. Massa dengan membawa senjata tajam leluasa bergerak.

Jumat (4/5) tadi malam, kuliah umum di Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang menghadirkan Irshad Manji, feminis Islam asal Kanada terpotong dan menyisakan ketegangan. Itu karena kedatangan tamu tak diundang massa dari Front Pembela Islam (FPI) dan Forum Betawi Rempug (FBR). Massa mengepung tempat diskusi dan hendak mengusir peserta.

Lagi-lagi polisi tak berdaya menangani aksi massa ini. Polisi justru seakan membela massa FPI dan FBR dengan berdalih diskusi buku pada kuliah umum di Salihara itu tak kantongi izin. Peserta sempat bertahan dan akhirnya bersedia dievakuasi setelah 3 jam terkepung massa.

Slogan mengayomi menjadi rancu ketika melihat polisi hanya terdiam melihat massa mengacungkan senjata atau membakar gedung. Kemana polisi ketika ada massa yang ingin dilindungi. Bahkan hari-hari berlalu, belum ada satu orang pun ditetapkan sebagai tersangka.(DSY)

Sumber: metrotvnews.com

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close