Berita JaringanHAMPelanggaran Kebebasan BeragamaSiaran Pers

Surat Keprihatinan, Kecaman, dan Seruan Moral Atas Tragedi A-Pancasilais di Lembah Tongoa, Palolo Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah Pada Hari Jumat, 27 November 2020

SURAT KEPRIHATINAN, KECANAN, DAN SERUAN MORAL ATAS TRAGEDI A-PANCASILAIS DI LEMBAH TONGOA, PALOLO KABUPATEN SIGI, SULAWESI TENGAH PADA HARI JUMAT, 27 NOVEMBER 2020.

Salam Pancasila

Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Pembumian Pancasila bersama ini menerbitkan “Surat Keprihatinan, Kecaman, dan Seruan Moral atas tragedi pembakaran gereja, pembakaran rumah, dan pembunuhan keji di Dusun Lewinu, Desa Lemba Tongoa, Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah yang dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK) dengan kondisi sangat mengenaskan yang terjadi pada Jumat (27/11) Sekitar pukul 10, WIT.

Atas kejadian tersebut, Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Pembumian Pancasila mengeluarkan pernyataan sikap dan maklumat Keprihatinan yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP Gerakan Pembumian Pancasila Dr. Antonius D.R Manurung, MSi dan Sekjen DPP GPP Dr. Bondan Kanumoyoso, M. Hum sebagai berikut :

  1.  Mengecam Pembakaran Gereja Bala Keselamatan karena bertentangan dengan nilai luhur Pancasila, khususnya Sila I.
  2. Mengutuk keras aksi pembunuhan sadis terhadap satu keluarga yang terjadi, yang jelas-jelas telah melanggar nilai luhur Pancasila, khususnya Sila II.
  3. Mengecam pembakaran sejumlah rumah keluarga oleh manusia yang sungguh-sungguh A-Pancasilais.
  4. Mengungkapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya saudara- saudara kita yang dibunuh secara keji dan turut mendoakan semoga arwah mereka diterima di sisi Tuhan dan bagi semua Keluarga yang ditinggalkan, diberi kekuatan dan ketabahan.
  5. Mengusut secara tuntas tindakan A-Pancasilais dan melanggar hukum yang telah dilakukan oleh para teroris dalam kasus ini.
  6. Menghimbau kepada aparat keamanan untuk segera menuntaskan sisa-sisa teroris, agar masyarakat terbebas dari ancaman teror, khususnya di daerah Poso dan Sigi dan mengimbau agar seluruh elemen masyarakat tidak terpancing dan tetap tenang serta menyerahkan penanganan masalah ini sepenuhnya kepada aparat kepolisian setempat dan dibantu oleh tim khusus.

Demikian Surat Keprihatinan, Kecaman, dan Seruan Moral ini kami sampaikan kepada seluruh masyarakat bangsa dan pemerintah untuk dipahami dan ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

Salam Pancasila

Jakarta, 28 November 2020

Ketua Umum
Dr. Antonius D.R. Manurung, MSi

Sekjen
Dr. Bondan Kanumoyoso, M. Hum

 

Sumber ilustrasi: https://news.detik.com/berita/d-5274247/kecam-pembunuhan-sadis-di-sigi-gereja-bala-keselamatan-minta-usut-tuntas

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close