Agenda

Sekolah Agama: Pandangan serta Kontribusi Sufisme terhadap Ekologi & Kemiskinan

Sepanjang sejarah, agama telah berperan penting bagi peradaban dunia. Agama di satu sisi telah memberikan sumbangan yang besar dan positif bagi perkembangan kehidupan sosial dan juga ilmu pengetahuan serta teknologi. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang agama sering digunakan sebagai alat untuk membenarkan tindakan-tindakan yang menindas kaum yang lemah. Bahkan terkadang  tanpa disadari, agama menjadi alat untuk membenarkan tindakan-tindakan yang mengeksploitasi alam.

Meski demikian setiap agama memiliki aspek Mistik yang pada praktiknya sering membawa sisi inklusivisme dari agama itu sendiri. Salah satu contoh aspek Mistik yang sangat inklusif adalah tradisi Sufisme dalam agama Islam.

Di sepanjang sejarah Islam, Sufisme telah memberikan kontribusi pada kemanusiaan & kelestarian lingkungan hidup atau alam semesta. Kemanusiaan yang dimaksud disini secara spesifik adalah Kemiskinan dan Kemiskinan yang dimaksud disini tak hanya kemiskinan yang bersifat ekonomi atau materi tetapi juga moral.

Maka dari itu demi terciptanya pemahaman yang lebih dalam terhadap keterkaitan antara Sufisme dengan kemiskinan dan Ekologi atau pelestarian alam serta peran dan kontribusi para kaum Sufi dalam menolong kaum yang tertindas atau termarjinalkan dan dalam melestarikan lingkungan hidup, maka Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) merasa perlu untuk membagikan pengetahuan tentang nilai transendensi dari masing-masing agama, melalui kegiatan Sekolah Agama dengan tema “Islam: Pandangan serta Kontribusi Sufisme terhadap Ekologi & Kemiskinan” dengan narasumber Bapak Ustad Yusuf Daud dari Thaha Sufi Center.

Adapun pelaksanaan acara akan diselenggarakan pada:

Hari/ Tanggal  : Jum’at, 19 Oktober 2012.

Waktu​​:  Pukul 19.00 – 21.00 WIB

Tempat​:  Sekretariat ICRP, Jl. Cempaka Putih Barat XXI No. 34 Jakarta Pusat.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close