Agenda

Sekolah Agama ICRP: Bedah Film Five Minarets In New York (13 Juli 2012)

Five Minarets in New York

A.  Latar Belakang

Aksi terorisme di Amerika yang meruntuhkan gedung World Trade Center pada tanggal 11 September 2001 memberi dampak besar bagi warga Amerika bahkan dunia. Dampak dari aksi teror yang bisa dirasakan sampai sekarang adalah timbulnya kecurigaan terhadap Islam baik di Amerika bahkan sampai dunia. Peristiwa tersebut juga menyebabkan hubungan antar agama semakin memburuk dan saling mencurigai. Rasa saling mencurigai antar kelompok Muslim dan Kristen sampai sekarang masih sangat terasa. Orang-orang yang memiliki identitas dan penampilan Muslim akan sulit untuk berkunjung ke negara-negara barat. Peristiwa tersebut mengakibatkan hubungan yang tidak harmonis antara kedua belah pihak, sehingga muncul kecurigaan-kecurigaan yang berdampak terhadap faktor sosial, ekonomi, bahkan geopolitik. Amerika cenderung mencurigai negara-negara Islam, misalnya Negara Timur Tengah layaknya Iraq, Iran, Palestina, Pakistan dan negara-negara berpenduduk Muslim lainnya. Begitu juga sebaliknya, Islam terlalu memandang negatif terhadap segala kebijakan Barat sebagai tindakan konspirasi untuk menaklukkan Islam.

Pandangan buruk dan kecurigaan terhadap Islam perlu untuk diluruskan dan dirubah. Dalam satu sisi, kewaspadaan terhadap terorisme memang diperlukan namun hendaknya tidak menimbulkan kecurigaan secara berlebih yang akhirnya akan merusak keharmonisan sebuah hubungan kehidupan sosial manusia. Ketakutan terhadap Islam harus dirubah misalnya dengan meningkatkan komunikasi dan kerjasama untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Karena tidak semua orang Muslim menyetujui aksi-aksi terorisme. Kerjasama yang terbangun dapat mempersempit gerak aksi teroris, di mana kecurigaan terhadap pemeluk Islam maupun yang beratribut Islam memudar. Dendam terkadang menjadi pemicu  yang kuat untuk melakukan tindakan-tindakan teror maupun tindakan mencurigai dan menyakiti. Oleh sebab itu, setiap manusia harus ditanamkan untuk tidak memiliki rasa dendam.

Salah satu contoh film yang menggambarkan kejadian seperti di atas adalah film “Five Minaret In New York”. Film ini menceritakan tentang perburuan teroris oleh FBI. FBI dengan agen-agen anti teror dunia-nya telah menangkap seorang target yang dituduh telah mendalangi berbagai teror di dunia. mereka memberi nama kode ‘Dajjal’. Belakangan di ketahui bahwa orang yang ditangkap adalah seorang imigran dari Turki yang bernama Hadji Gumus. Hadji Gumus adalah anggota dari perkumpulan minoritas Muslim yang ada di Amerika. Dia ditangkap di rumahnya ketika sedang menjalankan Ibadah Sholat. Hadji ditahan di sebuah penjara di New York, Amerika sementara belum dijemput dari pemerintahan Turki.

Dinas kepolisian Turki memberi tugas pada Firat dan Acar, keduanya adalah polisi terbaik di jajaran kepolisian Turki yang tergabung dalam kesatuan anti teror Istambul. Firat dan Acar ditugaskan ke Amerika untuk menjemput dan membawa Hadji kembali ke Turki untuk di adili. Polisi yang bernama Acar ternyata memiliki misi pribadi saat menjemput Hadji Gumus. Benarkah Haji Gumus pelaku aksi terorisme?

Dalam film ini juga di bumbui dengan romantika keluarga Hadji, mulai dari fenomena bahwa istri hadji adalah non muslim. Keluarga hadji yang ternyata tidak semuanya Muslim menjelaskan bahwa hadji sebagai tokoh yang sangat taat terhadap agamanya memiliki pemikiran yang moderat dan bertoleransi tinggi. Adengan bertemunya kembali Hadji dengan Ibu kandungnya di kampung halaman dan juga kisah balas dendam oleh keluarga Acar kepada keluarga Hadji atas kejadian masa lalu yang dilakukan Kakak Hadji.

Melihat gambaran diatas, Komunitas Sekolah Agama Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) bermaksud untuk mendiskusikan lebih lanjut film ini sebagai sebuah upaya untuk memahami bersama kondisi hubungan Islam dan Barat dewasa ini. Serta meningkatkan kesadaran bersama dalam membangun sebuah konsepsi beragama yang lebih toleran dan harmonis.

 

B.             Nama dan Tujuan Kegiatan

Kegiatan ini bernama: Pemutaran Film ”Five Minarets In New Yorkdan Sekolah Agama ICRP. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini ini untuk bisa:

  1. Melihat gambaran dunia barat terhadap Islam
  2. Melihat keadaan minoritas orang Islam di Amerika
  3. Untuk mengetahui lebih jauh tentang hubungan Islam dan Barat

 

C.         Waktu dan Tempat

Adapun waktu pelaksanaan acara akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal     : Jum’at, 13 Juli 2012

Waktu                : 18.30 – 21.00 WIB

Tempat              : Ruang diskusi ICRP

Jalan Cempaka Putih Barat XXI No. 34 jakarta Pusat.

 

D.       Pertanyaan-pertanyaan penting

  1. Bagaimana pendapat teman-teman terhadap film ini?
  2. Setujukan teman-teman dengan tindakan yang dilakukan oleh FBI?
  3. Phobia terhadap Islam terjadi di Amerika, bagaimana gambaran Phobia Islam di Indonesia?
  4. Bagaimana pandangan teman-teman terhadap Islam di Inddonesia?

 

Selamat datang dan berdikusi.

Salam

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close