AgendaPeace Train

Potret Keberagaman di Makam Sunan Gunung Jati

Laporan Yaqut Alamnah Peserta PTI-10, Jakarta Cirebon

ICRP~Cirebon :: Selain mengunjungi rumah-rumah ibadah dan organisasi lintas iman, Peace Train, kegiatan yang bertajuk toleransi dan perdamaian ini juga mengunjungi makam Syeikh Syarif Hidayatullah atau yang lebih dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

Sunan Gunung Jati merupakan satu dari sembilan wali–yang akrab dikenal dengan sebutan Wali Songo–dan menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Pusarannya bertempat di Cirebon, Jawa Barat, sesuai dengan lokasi kegiatan Peace Train yang kesepuluh.

Makam Syeikh Syarif Hidayatullah juga dikelilingi oleh makam-makam anak cucunya. Sebagaimana makam para Wali Songo yang lain, makam ini juga tidak pernah sepi pengunjung. “Mereka datang dari berbagai daerah di tanah air,” ucap salah satu penjaga makam, Sabtu (24/1).

Jika biasanya makam wali dikunjungi oleh para Muslim, ulama, organisasi keislaman atau majlis taklim, kali ini makam Sunan Gunung Jati dikunjungi para peserta Peace Train yang terdiri dari berbagai keyakinan.

Walaupun begitu, para peserta tetap disambut hangat dan juga ikut turut serta berdoa dengan khuyuk sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.

Tags
Show More

Kris Hidayat

Bidang Filantropi dan Pengembangan Masyarakat ~ ICRP

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close