HAMPress ReleaseSiaran Pers

Pernyataan Sikap ICRP Terhadap Aksi Teror Pembunuhan dan Pembakaran Gereja di Desa Lemban, Tongoa, Sigi, Sulawesi Tengah

Pernyataan Sikap ICRP Terhadap Aksi Teror Pembunuhan dan Pembakaran Gereja di Desa Lemban, Tongoa, Sigi, Sulawesi Tengah

Peristiwa memilukan kembali terjadi di Sigi, Sulawesi Tengah. Empat orang yang merupakan satu keluarga dibunuh dengan keji oleh kelompok bersenjata, selain itu Gereja juga ikut dibakar. Peristiwa ini menambah catatan aksi terorisme di Indonesia dan mengancam keselamatan masyarakat khususnya di Sulawesi Tengah.

Jika pemerintah lalai, kejadian mengerikan serupa akan terus berulang, harus ada tindakan hukum yang tegas untuk memutus jaringan teroris dengan cepat dan memastikan keamanan masyarakat adalah tanggungjawab pemerintah saat ini.

Oleh karena itu Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut:

  1. Aksi teror pembunuhan dan pembakaran gereja yang terjadi di Dusun Lewonu, Desa Lemban, Tongoa, Sigi, Sulawesi Tengah adalah tindakan keji. Tidak dibenarkan, tindakan kekerasan dalam bentuk apa pun apalagi sampai melakukan pembunuhan dan melakukan atas nama agama. Oleh karena itu kami sangat mengecam keras tindakan brutal tersebut.
  2. Mendesak pihak kepolisian untuk segera mengungkap, menangkap, dan menindak dengan tegas para pelaku teror tersebut. Selain itu kami juga mendesak pemerintah atau Lembaga terkait untuk memberikan perlindungan dan rasa aman kepada seluruh warga di Desa Lemban, khususnya keluarga korban agar menghindari hal serupa terjadi kembali di waktu mendatang.
  3. Mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat baik di Sigi maupun di seluruh Indonesia untuk tetap tenang, tidak terprovokasi, dan mendukung pihak berwajib menyelesaikan kasus ini dalam waktu yang tidak lama.

Demikian pernyataan sikap kami untuk menjadi perhatian pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam penyelesaian aksi teror pembunuhan dan pembakaran gereja di Desa Lemban Tongoa, Sulawesi Tengah.

Jakarta, 28 November 2020
Atas Nama Pengurus Yayasan ICRP,

Ketua Umum
Prof. Musdah Mulia

Sekretaris Jendral
Johannes Hariyanto, SJ

 

Unduh File PDF Pernyataan Sikap ICRP

https://tinyurl.com/yxhyrcbk

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close