Harian

Pelaku Pemenggalan Patung Bunda Maria Mengarah Kelompok Perusak Situs Budaya

JAKARTA, PedomanNEWS.com– Perusakan sejumlah patung di kawasan Gua Maria Sendang Pawitra Sinar Surya Tawangmangu, Jawa Tengah, yang terjadi pada Rabu (14/12/2011), pukul 23.30 WIB dalam proses penyidikan Polisi. “Perkembangan kasus saat ini, pihak pengurus lingkungan Tawangmangu dipanggil Polres untuk membuat BAP. Besok pagi, penyidik akan bertemu dengan Romo di Pastoran Paroki Karanganyar,” tulis Rm. Sunaryadi, pastor paroki Karanganyar, di surel melalui Uskup Agung Semarang, Mgr. Johannes Pujasumarta, pada Jumat (16/12/2011) malam kepada PedomanNEWS.com.

Tetapi polisi belum mengungkap secara resmi dalang dibalik perusakan, namun penyelidikan mengarah pada kelompok yang selama ini merusak situs-situs budaya di seputar Tawangmangu, seperti di Pringgondani, beberapa patung petilasan dipatahkan kepalanya.

Ketika disinggung, apakah pernah bentrok dengan warga sekitar, Rm. Sunaryadi membantah bahwa sejauh ini belum pernah ada konflik dengan warga sekitar Gua Maria Sendang Pawitra.

Masih menurut Rm. Sunaryadi, tempat ibadah umat Katolik yang lokasinya kurang lebih dua kilometer dari pasar sayur Tawangmangu tersebut, tidak hanya kali ini mengalami perusakan. Di tempat itu pernah terjadi perusakan stasi jalan salib lama dan perusakan kecil-kecilan pada bejana air suci atau hidung Bunda Maria, pada tahun 2006.

Agustina N. Rasyida

Sumber:

http://www.pedomannews.com/nasional/berita-nasional/politik-a-hukum/9397-pelaku-pemenggalan-patung-bunda-maria-mengarah-kelompok-perusak-situs-budaya

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Close
Close