Daily

Paus Francis inisiasi Perdamaian di Tanah Suci dengan Berdoa

Presiden Mahmoud Abbas dan Presiden  Shimon Peres menepati janjinya untuk datang ke Vatikan Minggu (8/6). Kunjungan presiden kedua negara yang tengah berkonflik ke Vatikan itu merupakan undangan dari Paus Francis saat mengunjungi tanah suci Yerusalem dua minggu lalu. Pertemuan ini merupakan salah satu upaya menuju proses perdamaian di Timur Tengah.

Meski demikian pertemuan Abbas maupun Shimon Peres di Vatikan tidak sebagaimana pertemuan-pertemuan yang lawas. Dalam pertemuan hari Minggu itu, tidak ada perbincangan politik ataupun negosiasi untuk mencapai resolusi damai bagi kawasan yang senantiasa bergejolak itu. Tidak seperti cara-cara tradisional dalam politik, di Vatikan kedua tokoh politik itu bersama Paus Francis berdoa demi perdamaian.

Pertemuan pada minggu antara Abbas dan Shimon Peres merupakan yang kali pertama di Vatikan. Sebelumnya pemimpin kedua belah pihak yang berselisih dalam puluhan tahun itu tidak pernah berdoa bersama.

Bagaimanapun sucinya pertemuan untuk berdoa bersama itu, kunjungan Abbas dan Shimon Peres tidak sepenuhnya terlepas dari perkara politik.

Setelah berdoa dalam bahasa Arab, Ibrani, dan Italia dari beragam agama, tiap pemimpin menawarkan harapan masing-masing.

“Tanpa perdamaian, kita tidak pernah sempurna. Kita memang belum sanggup meraih tujuan kemanusiaan”, Kata politikus Israel peraih nobel perdamaian itu. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa meski perdamaian terasa jauh, tiap pihak harus terus berupaya meraihnya atau mendekatinya.

“Kami memohon, pada-Mu, Tuhan, agar terciptanya damai di Tanah Suci, Palestina dan Jerusalem,” Kata Abbas berdasar hasil terjemahan CNN. “Bersama rakyat Palestina, kami memohon pada-Mu untuk menciptakan Palestina dan Jerusalem tanah yang aman bagi setiap orang beriman, sebuah tempat untuk menyembahmu dan bersembahyang pada-Mu”, imbuh Abbas.

Paus Francis menuturkan pertemuan ini sebagai jawaban bagi tiap orang yang ingin hidup dalam persaudaran bukan permusuhan.

“Saya berharap pertemuan ini akan menjadi sebuah perjalan ke depan yang menyatukan kita melampaui apa-apa yang memisahkan kita” Kata Paus mengharapkan hasil dari pertemuan minggu itu.

Pertemuan minggu itu dipermanis dengan penanaman pohon Zaitu di Vatikan. Pohon  itu merupakan permintaan Paus Francis dua minggu lalu saat mengunjungi tanah suci.

 

 

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close