Harian

Musdah Mulia: Memastikan Pluralisme Di Indonesia.

“Pluralisme bukan sekedar pluralitas (kemajemukan) yang diberikan oleh tuhan (given). Tetapi, merupakan sebuah pencapaian atas upaya bersama (achievement) dari semua kelompok agama dan budaya yang berlainan untuk menciptakan common sense” Tegas Ketua Umum ICRP Musdah Mulia dalam pembukaan acara International Strategic Dialog; Media Reporting and Religious Intolerance Jumat 16 Maret 2012 di Hotel Akmani Jl. Wahid Hasyim Jakarta Pusat.

Dalam acara yang dihadiri oleh kelompok agamawan dan wartawan ibukota ini, Musdah Mulia juga menegaskan pentingnya peran media dalam supporting pluralisme di Indonesia. Menurutnya, tidak jarang pemberitaan dimedia massa justru memperburuk pluralisme yang sudah ada. Hal ini perlu didiskusikan lebih lanjut guna mencegah pemahaman yang keliru dalam masyarakat.

Pluralisme di Indonesia menjadi penting karena bangsa Indonesia sangat kompleks dan majemuk, terdiri dari beragam suku, bahasa, adat istiadat, budaya, agama dan aliran kepercayaan. Selain itu, pluralisme juga dapat menjadi instrument untuk mewujudkan keadilan, kemajuan, kesejahteraan, mencegah pertikaian, serta menumbuhkan kepekaan untuk membela hak seseorang dan menegakkan nilai keadilan.

Menurut Musdah Mulia yang juga Guru Besar UIN Jakarta ini media menjadi faktor penting dalam mewujudkan pluralisme dan kebebasan beragama. Karena menurutnya perlu rangkaian upaya komprehensif untuk mewujudkan hal tersebut. Seperti rekonstruksi budaya, reformasi hukum, dan interpretasi ajaran agama. Media mempunyai andil besar dalam intervensi faktor tersebut selain ranah negara, hukum, dan masyarakat.

Piet Haidir selaku Koordinator Program ini menuturkan bahwa tujuan acara ini adalah untuk menjalin hubungan mutualisme yang baik antara kalangan media dan agama. Dengan terjalinya hubungan yang baik ini diharapkan juga pemberitaan-pemberitaan media kedepan menjadi lebih arif dan menjunjung nilai-nilai pluralisme dan kebebasan agama di Indonesia.[Mukhlisin]

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Close
Close