Harian

Musdah Mulia: Jokowi-JK Seriously Handle Religious Vision and MissionMusdah Mulia: Jokowi-JK Serius Tangani Visi Misi Agama

Ketua Umum Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), Musdah Mulia menyatakan calon presiden Joko Widodo dan wakil presiden Jusuf Kalla sangat serius dalam menggarap visi misi agama. Hal tersebut dibuktikan dengan komitmen mereka ke depan untuk membela kaum minoritas di Indonesia.

“Visi misi terkait keagamaan Jokowi-JK sangat serius, tidak tergesa-gesa” tegas Musdah Mulia.

Hal tersebut disampaikan Musdah Mulia saat acara dialog visi misi calon presiden “Masa Depan Kebebasan Beragama dan Kelompok Minoritas di Indoensia” yang diselenggarakan oleh Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (SEJUK), Freedom Institute, dan Friedrich Naumann Foundation.

Musdah Mulia yang hadir sebagai tim sukses Jokowi-JK menegaskan bahwa penyebab konflik antar agama di Indonesia dewasa ini adalah tiga hal. Pertama, kegagalan pemerintah dalam menegakkan konstitusi. Kedua, menguatnya doktrin keagamaan yang otoritarian. Ketiga, kesalahan dalam menafsirkan ajaran agama. Musdah menegaskan untuk menyelesaikan hal itu perlu upaya yang jelas dari pemerintah dan ulama di Indonesia.

Selain itu, Musdah Mulia juga menyindir manifesto Partai Gerindra yang tidak serius dalam menanggapi berbagai persoalan agama di Indonesia. Musdah juga menyatakan ketidaksetujuaanya terhadap manifesto partai Gerindra yang menyatakan akan menjamin kemurnian agama.

“Frasa tersebut sering dipakai oleh kelompok radikal dalam menjalankan aksi-aksi kekerasan mereka” ungkap Musdah Mulia.

Menanggapi hal tersebut, Tim Sukses Prabowo-Hatta, Kastorius Sinaga menyatakan bahwa pihak Prabowo-Hatta telah melakukan revisi terhadap manifesto tersebut.

“Ini kesalahan teknis, waktu itu tim tergesa-gesa dalam memenuhi tenggat waktu yang diberikan oleh KPU” ungkap Kastorius.

Sayangnya revisi yang dijanjikan Kastorius tersebut masih belum terbukti. Di website resmi Partai Gerindra masih terpampang manifesto yang belum direvisi.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close