AgendaLaporan

Kaprodi Pendidikan Keagamaan Sekolah Tinggi Agama Budha Nalanda Berkunjung ke Kantor ICRP

Kegiatan anjangsana merupakan kunjungan yang dilakukan untuk memperkuat persaudaraan atau bersilahturahmi. Kegiatan anjangsana ini dilakukan oleh Kaprodi Pendidikan Keagamaan Budha Sekolah Tinggi Agama Budha Nalanda (Dian Tika Sujata) ke kantor ICRP pada hari Selasa (04/02/20).

Selain Kaprodi Dian yang berkunjung, ada juga mahasiswa dari Vihara Dharma Suci yaitu Keni dan Sugi.
Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka membicarakan kerjasama untuk membangun budaya damai di Indonesia.

Dian menyampaikan bahwa mahasiswa/i di Sekolah Tinggi Agama Budha Nalanda sangat pasif dan kurang dalam kegiatan-kegiatan. Hal tersebut pun direspons oleh Direktur ICRP (Franky Tampubolon) bahwa sikap anjangsana para mahasiswanya harus ditingkatkan. Dian pun selaku Kaprodi tertarik dengan program yang selama ini ICRP rancang dan jalankan dan turut menjadi bagian dari ICRP.

Mahasiswa Keni dan Sugi, yang hadir berkunjung menjelaskan mereka aktif di internal Budhis untuk melaksanakan kegiatan atau program mereka sendiri yaitu berkunjung ke beberapa tempat di Indonesia. Menanggapi hal ini, Direktur ICRP, Frangky Tampubolon mengatakan bahwa “STA Budha Nalanda mesti menjadi lembaga inklusif, tidak cukup berfokus pada komunitas sendiri saja,” ujarnya. Ia pun menunjukkan video program Peace Train Indonesia yang telah dilakukan oleh ICRP sebanyak sepuluh kali. Setelah selesai menonton video tersebut ia pun mengatakan, “Mahasiswa Budhis sebaiknya dapat terlibat dalam kegiatan seperti ini, Peace Train ini adalah salah satu contoh konkrit anjangsana yang telah dilakukan ICRP.”

Akhirnya merekapun tertarik untuk dapat bekerja sama, mengambil bagian, dan ikut serta dalam kegiatan untuk melestarikan budaya damai di Indonesia ini.

Editor: Kris Hidayat

Tags
Show More

Related Articles

Close