Kliping Berita

Kapolri: Ada 1.629 Lokasi Potensi Konflik di Indonesia

Jakarta Berkaca dari kasus Sampang, Polri memetakan lokasi-lokasi potensi konflik di Indonesia. Polri menginventarisir ada 1.629 lokasi berpotensi konflik.

“Polri pro aktif menginventarisir potensi konflik di seluruh Polda agar tidak berkembang, yaitu terdapat 1.629 lokasi potensi konflik,” ujar Kapolri Jenderal Timor Pradopo dalam rapat dengan pendapat bersama Komisi III DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/9/2012).

Menurutnya, lokasi-lokasi itu tersebar pada beberapa latar belakang kondisi masyarakat. Terbanyak, lokasi potensi konflik terdapat pada sektor perkebunan.

“Lokasi terbanyak adalah perkebunan, pertanahan, agama, ekonomi sosial dan budaya, serta pertambangan,” tuturnya.

Ia menjelaskan Polri telah menempatkan petugasnya di setiap desa guna mengantisipasi potensi konflik, mengetahui masalah dan mencari solusi bersama dengan masyarakat.

“Polri juga senantiasa berkoordinasi dengan tokoh masyarakat untuk memediasi agar tidak muncul konflik. Dalam hal ini, Polri memainkan peran sebagai mediator yang membawa pesan perdamaian bagi masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, upaya yang dilakukan Polri dalam menyikapi lokasi potensi konflik dilakukan dengan membangun kerukunan antar warga dan mengikuti perkembangannya secara terus menerus.

“Kami juga menambah kekuatan Polri sebanyak 10.000 anggota pada tahun 2012 ini juga melengkapi perlengkapan senjata dalam penanganan konflik,” kata Timor.

(iqb/aan)

Sumber: detik.com

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close