Kliping Berita

ICRP: Kejadian di Pandeglang merupakan Tragedi Kemanusiaan

Rabu, 9 Februari 2011 | 17:16

JAKARTA- Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) menganggap penyerangan dan pembunuhan yang terjadi di Pandeglang serta penghancuran sekolah dan rumah ibadah di Temanggung merupakan sebuah tragedi kemanusiaan yang sangat biadab dan sadis.

“Kami pengurus ICRP merasa prihatin dan juga ikut berduka yang sangat mendalam atas korban jiwa dan korban harta dari peristiwa tersebut,” demikian siaran pers ICRP yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

ICRP mempertanyakan apakah negara ini masih melindungi warganya dari kekerasan, penghakiman, dan diskriminasi berkelanjutan.

Mereka mendesak Presiden dan jajarannya untuk meninjau ulang seluruh kebijakan dan seluruh kementerian terkait terjadinya perluasan prasangka dan kebencian.

Wewenang aparat keamanan yang telah diambil alih oleh sekelompok masyarakat prokekerasan juga dipertanyakan.

Untuk itu, ICRP mengutuk keras aparat berwenang yang melakukan pembiaran terhadap tindak kekerasan.

Segenap komunitas dan tokoh-tokoh agama diharapkan melakukan evaluasi internal dan introspeksi menyangkut pendekatan yang dilakukan terhadap kelompok yang berbeda.

Media massa juga diminta untuk tidak turut larut dalam pusaran konflik yang melibatkan kelompok agama atau memprovokasi sehingga memperkeruh keadaan.

ICRP mengingatkan kembali kepada semua warga masyarakat bahwa kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah, dan akan berpotensi melahirkan kekerasan berikutnya. (*)

 

Sumber:

http://www.investor.co.id/home/icrp-kejadian-di-pandeglang-merupakan-tragedi-kemanusiaan/5313

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close