Harian

GusDurian Kediri Ajak 10 Ribu Pelajar Doa Lintas Agama

Sedikitnya 10 ribu pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kediri Jawa Timur menggelar doa bersama dengan para tokoh lintas agama. Acara tersebut dilaksanakan di Stadiun Brawijaya, Kediri dengan tujuan mendapatkan kelancaran dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan pada 16 April mendatang.

Seperti diberitakan tempo.co acara doa bersama ini diselenggarakan oleh majelis Gusdurian Kediri Jawa Timur dengan dihadiri oleh para pemuka agama setempat. Di antaranya adalah Pengasuh Pondok Pesantren Maunah Sari Bandar Kidul, K.H. Abdul Khamid Abdul Qodir, dan pengurus Dewan Gereja, Pdt Timotius Kabul yang pada saat itu juga memberikan pembekalan mental kepada para siswa yang sebelumnya melakukan shalat shubuh berjamaah bagi siswa muslim.

GusDurian adalah komunitas yang terdiri dari para pengagum ide-ide dan perjuangan K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Jaringan kultural yang dikoordinatori oleh putri Gus Dur, Alysa Wahid ini tersebar diberbagai daerah diseluruh nusantara, termasuk di Kediri, Jawa Timur.

“Kegiatan ini memang melibatkan banyak agama,” kata Toro Suharjo, anggota Majelis GusDurian Kediri. Toro menjelaskan doa bersama dilaksanakan karena adanya keluhan guru dan siswa yang setiap kali mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional. Mereka mengalami gejala stres dan tekanan mental. Akibatnya banyak pelajar cerdas yang justru tak lulus. ”Mereka tidak memiliki mental yang kuat sehingga kerap mengalami banyak gangguan kesehatan saat menghadapi ujian,” ujar Toro dalam tempo.co (05/04/2012).

K.H. Abdul Khamid dalam taushiyahnya menyampaikan bahwa Ujian Nasional merupakan bukan sebuah takdir. Melainkan sesuatu yang masih bisa dirubah. Oleh sebab itu, maka para siswa diharapkan untuk mempersiapkan Ujian Nasional dengan baik.

Ujian Nasional memang menjadi sebuah momok besar bagi siswa dan juga guru. Oleh sebab itu, suasana doa bersama ini terasa haru dan tak sedikit siswa yang menangis dalam lautan taushiyah dan doa dari pemimpin agama. [Mukhlisin]

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Close
Close