Kliping Berita

GP Ansor Sulut bagi 200 tiket gratis bagi penonton film Soegija

Soegija

Pemuda  Ansor Sulawesi Utara (GP Ansor Sulut) telah menyiapkan 200 tiket nonton Film Soegija dan dibagi gratis untuk jurnalis, aktivis lintas agama maupun penikmat film.

“GP Ansor sebelumnya telah menyiapkan 200 tiket nonton di bioskop Twenty One Manado gratis,” Benny Ramdhani, Ketua GP Ansor Sulut seperti dilansir tribunnews.com.

Tiket tersebut sudah ia persiapkan untuk nonton bareng diibagikan untuk pemuda Keuskupan Manado, beberapa wartawan, tetua, tokoh dan pemuda Ansor maupun penggiat lintas agama. Hal tersebut ia lakukan agar sosok Soegija yang dulu seolah hilang dari sejarah perjalanan bangsa bisa dilihat kembali.

Mgr Albertus Soegijapranata SJ,  menurutnya, bukan hanya sekedar tokoh agama tapi seorang pejuang. Orang yang memperjuangkan nilai-nilai humanisme pluralisme dan kebangsaan. Melalui film ini kita tersentak seolah dibangunkan dari tidur.

Ramdhani menilai film menjadi spirit pemuda Ansor untuk belajar kepribadian Soegija yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia selama ini.

Sementara itu Garin Nugroho, sutradara film tersebut menyambut baik inisiatif GP Ansor Sulut itu.

“Saya diundang ke Manado, saya pasti datang. Rencananya setelah pemutaran film selesai kami bersama rombongan akan keliling, permintaan banyak di wilayah Sumapapua, bahkan warga bikin kegiatan mereka membiayai sendiri,” katanya.

Indonesia dengan lima agama, bila film tentang agama sedikit menurutnya justru aneh, Indonesia memiliki keberagaman dan itu perlu dimunculkan ke permukaan. Bila ada suatu kelompok yang seolah menentang dan menuduh film ini sebagai ancaman menurutnya hanya kelompok kecil dalam kultur keberagaman di Indonesia. Sangat perlu Islam membuat film agama, Buddha, Hindu juga membuat film demikian, yang membuat Indonesia makin kaya dengan kiprah para tokoh teladan.

“Film ini semacam inspirasi budaya kepemimpinan multikultur yang sering kita lupakan kini bisa ditampilkan,” katanya.

Kehadiran film Soegija ia nilai hadir di saat yang tepat di saat Indonesia mengalami kemunduran dalam kebhinekaan. “Kata-kata yang diucapkan Romo Sugiyo  menunjukkan berbagai pesan, sikap mental seorang pejuang, kemanusiaan serta pluralisme bangsa,” ujar Garin.

Film Soegija menampilkan sosok Mgr Sugiyopranoto, perjuangan, kiprah serta pengorbanannya demi kemerdekaan Indonesia, sehingga layak disebut pahlawan.

 

sumber : http://indonesia.ucanews.com/2012/06/04/gp-ansor-sulut-bagi-200-tiket-gratis-bagi-penonton-film-soegija

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close