AgendaBukuHUT ICRP

Bedah Buku Kristen Bertanya Muslim Menjawab

Bersama Germasa GPIB Paulus Jakarta

Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Paulus, Jakarta bekerjasama dengan Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) akan menggelar bedah buku Kristen Bertanya Muslim Menjawab, Jumat, 6 Maret 2020 mendatang. Bedah buku karya Ahmad Nurcholish ini diprakarsai oleh Komisi Germasa GPIB Paulus, Menteng, Jakarta.

Selain menghadirkan sang penulis Ahmad Nurcholish, dalam acara tersebut juga akan menghadirkan narasumber pembahas, yakni Romo Dr. Al. Andang Binawan (Keuskupan Agung Jakarta), Pdt. Dr. Abraham Silo Wilar (Dosen STFT Jakarta), dan Dr. Neng Dara Affiah (Intelektual Muslimah NU). Bertindak sebagai moderator Ketua Komisi Germasa GPIB Paulus Jeirry Sumampow.

Secara spesifik acara akan dihelat pada pukul 16.00 – 20.00 WIB., bertempat di Gedung Pertemuan GPIB Paulus, Jl. Sunda Kelapa No. 12, Menteng, Jakarta Pusat.

“Diskusi ini dilaksanakan sebagai bagian dari program Komisi Germasa GPIB Paulus Jakarta dan dalam rangka HUT ICRP ke-20, sekaligus bagian dari kontribusi gereja untuk menumbuhkan sikap toleransi dan kerukunan hidup antarumat beragama,” tutur Jeirry Sumampow.

Ahmad Nurcholish menyambut baik acara ini. Menurutnya, pelaksanaan diskusi ini dapat dijadikan sebagai ruang dialog bagi umat Kristen serta Katolik dengan umat Muslim di Jakarta dan sekitarnya. “Dialog harus terus kita lakukan sebagai langkah awal bagi upaya saling mengenal satu sama lain. Dari situ pula diharapkan antar-umat beragama dapat berlanjut untuk bekerjasama mewujudkan perdamaian dan membangun peradaban kemanusiaan,” terang Deputy Direktur ICRP ini.

Terkait dengan buku Kristen Bertanya Muslim Menjawab, Luciana Siahaan menilai bahwa Negara kita tercinta memiliki beragam suku, agama dan ras. Ketidakmengertian sering kali menimbulkan perpecahan. Saling memahami satu sama lain sangat dibutuhkan.

“Syukurlah ada orang seperti Cak Nur yang tidak pernah lelah membangun jembatan antara Muslim dan agama lainnya. Buku ini banyak bicara hal-hal praktis yang sering menjadi pertanyaan teman-teman Kristen tentang Islam. Sangat membantu membuka wawasan. Karya ini melengkapi  buku Islam Bertanya Kristen Menjawab karya  Christian W. Troll yang terbit sebelumnya,” terang Ketua Teruna Sinode GPIB ini. 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close