Agenda

Undangan Peliputan Diskusi “Mendorong Peningkatan Keterwakilan Perempuan melalui RUU Pemilu”

 

Jakarta, 6 Februari 2012

 

No.           : 05/KNAKTP/RHK/II/2012

Hal.           : Undangan Liputan

 

Kepada Yth.,

Pemimpin Redaksi/Koordinator Liputan

Di tempat

 

 

Dengan hormat,

 

Pemilu 2014 ada di depan mata. Salah satu isu penting yang merupakan amanat undang-undang (UU Pemilu 10 Tahun 2008) adalah tentang jaminan keterwakilan perempuan di parlemen. Berkaca dari hasil Pemilu tahun 1999, 2004 dan 2009, angka kritis 30% keterwakilan perempuan belum terwujud. Saat ini, keterwakilan perempuan di parlemen hanya 18% saja, atau 103 dari 560 orang anggota DPR. Sementara kondisi ideal keterwakilan perempuan Indonesia dalam lembaga perwakilan seharusnya mencapai rasio yang sama dengan jumlah penduduk berjenis kelamin perempuan (jumlah perempuan Indonesia adalah 118.010.413 jiwa atau sekitar 49% dari total jumlah penduduk). Hal ini didasari pemikiran bahwa peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang mampu melindungi perempuan tidak dapat dilepaskan dari kehadiran atau representasi perempuan dalam lembaga penentu dan pengambil kebijakan, baik di pusat maupun daerah.

 

Saat ini Revisi UU Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu masih dibahas oleh Pansus RUU Pemilu di DPR RI, dan akan disahkan pada 6 Maret 2012. Pasal-pasal yang mengintroduksi kebijakan affirmasi 30% ternyata tidak disinggung dalam pembahasan, dengan anggapan ruang keterwakilan perempuan sudah mendapat porsi yang cukup. Padahal dengan berbagai perubahan mendasar dalam pengaturan Pemilu 2014 mendatang, kebijakan affirmasi dalam pasal-pasal yang ada justru dikhawatirkan menjadi kehilangan makna.

 

Berkenaan dengan hal tersebut, Komnas Perempuan bersama dengan masyarakat sipil yang tergabung dalam Kelompok Kerja Keterwakilan Perempuan mengundang rekan-rekan media untuk hadir dalam diskusi dengan tema “Mendorong Peningkatan Keterwakilan Perempuan melalui RUU Pemilu”. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada:

 

Hari/ Tanggal        : Kamis, 9 Februari 2012

Jam                       : Pukul 10.00-13.00 WIB

Tempat                 : Komnas Perempuan, Jl. Latuharhary 4B Menteng

Jakarta Pusat

Narasumber          :

1.       Andi Timo Pangerang*, Kaukus Perempuan Parlemen RI (KPPRI), dengan topik: “KPPRI dalam mengawal isu perempuan dan perkembangan pembahasan RUU Pemilu”.

2.       Sri Eko Wardhani, PUSKAPOL UI dengan topik: “RUU PEMILU, Peluang dan Tantangan  Keterwakilan Perempuan pada Pemilu 2014″

3.       Yuda Irlang, Ansipol, dengan topik: “Sinergitas Masyarakat Sipil Mendorong Keterwakilan Perempuan di Parlemen”

4.       Ratu Dian Hetifah, Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI), dengan topik: “KPPI dan Upaya Peningkatan SDM Perempuan Partai Politik”

 

*dalam konfirmasi

 

Moderator             : Kunthi Tridewiyanti/ Ninik Rahayu

 

 

Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, kehadiran rekan-rekan kami nantikan. Atas perhatian dan kerjasama yang baik ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

 

 




Kunthi Tridewiyanti

Komisioner, Ketua Subkom Reformasi Hukum dan Kebijakan

 

Untuk informasi dan konfirmasi silahkan hubungi: Site (081932787358)

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close