Harian

Takmir Masjid Se-Jakarta Tolak Politisasi Masjid. Dukung!!!

Jakarta, ICRP – Nampaknya masyarakat sudah mulai jengah dengan digunakannya Masjid sebagai ajang kampanye politik. Sejumlah pemuka agama yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Takmir Masjid (FTSM) se-Jakarta, Sabtu (27/1/2018) lalu melakukan konferensi pers dan menegaskan menolak politisasi masjid.

Koordinator FTSM Jakarta, Ustaz Muhammad Husni Mubarok mengatakan masjid sudah seharusnya dikembalikan kepada fungsinya, yaitu menyampaikan dakwah atau ajakan menjalankan ajaran agam secara sejuk dan damai, bukan dengan caci maki, ujaran kebencian hingga ajakan permusuhan.

Husni menyayangkan belakangan ini marak ceramah yang menghujat dan menghasut. Penuh nada-nada kebencian kepada pemerintah. Menurutnya hal tersebut dapat menjadi ancaman persatuan dan kesatuan kita sebagai negara yang beragam.

“Mereka biasanya menggunakan slogan dan simbol agama untuk menunjukkan kebencian dan permusuhan kepada pihak yang berbeda. Mereka berdalih bahwa itu merupakan bentuk kebebasan berekspresi dan menggunakannya untuk mengelak dari tudingan sebagai kelompok antidemokrasi dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (26/1/2018).

Oleh sebab itu ia menolak penggunaan masjid yang seharusnya digunakan untuk menyebarkan ajaran agama Islam yang sejuk justru digunakan untuk mengungkapkan khotbah permusuhan dan kebencian kepada pihak lain.

Ia juga berharap masyarakat dan negara turut aktif untuk mengikis pemanfaatan masjid sebagai tempat menyebarkan ujaran kebencian sehingga memecah belah persatuan bangsa.

“Dalam kaidah fiqih juga sesungguhnya ada istilah lebih baik mendahulukan menolak kerusakan dibandingkan mendatangkan kebaikan. Islam tidak menafikan gerakan politik yang dimulai dari masjid, tapi politik untuk membawa kemaslahatan bagi umat dan negara, bukan politik untuk memecah belah bangsa,” ungkapnya. [sumber: tribunnews.com]

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Lewat ke baris perkakas