Jaringan

1. The Wahid Institue

Berdiri sejak 7 September 2004, The WAHID Institute (WI) adalah lembaga yang berusaha mewujudkan prinsip dan cita-cita intelektual Abdurrahman Wahid dalam membangun pemikiran Islam moderat yang mendorong terciptanya demokrasi, multikulturalisme dan toleransi di kalangan kaum muslim di Indonesia dan seluruh dunia. Dalam berbagai programnya, WI menggelar kegiatan di lingkungan aktivis muslim progresif dan dialog-dialog di antara pemimpin agama-agama dan tokoh-tokoh politik di dunia Islam dan Barat.

Alamat
Jl. Taman Amir Hamzah No. 8
Jakarta – 10320
Indonesia

Telepon : +62 21-3928233, 3145671
Faks : +62 21-3928250

e-mail:  info@wahidinstitute.org
website:  www.wahidinstitute.org

2. Nurcholish Madjid Society (NCMS) 

Nurcholish Madjid Society (NCMS) didirikan untuk memajukan dialog antarperadaban yang terbuka, jujur, adil, bebas, demokratis dan toleran. NCMS juga diperuntukkan sebagai wadah dan sarana bagi para peminat dan pendukung dialog peradaban yang diharapkan mampu mengembangkan pemikiran religius, humanis, inklusif-pluralis, dan non-sektarian, demi terwujudnya dunia yang damai, adil dan beradab. NCMS bersifat independen dan non-partisan, dalam arti bahwa ia tidak berafiliasi dengan organisasi sosial dan politik apa pun, baik di dalam maupun di luar negeri, dan mengorientasikan keberadaannya pada kebenaran dan cita-cita kemanusiaan universal, yang dapat menjadi “titik-temu” semua umat manusia dari latar belakang kebangsaan, keagamaan, kebudayaan dan politik yang berbeda. NCMS juga bersifat terbuka, dalam arti bahwa ia terbuka dalam mencari kebenaran dari siapa pun datangnya, dengan keyakinan bahwa kebenaran yang datang dari Yang Maha Benar adalah mutlak, sedangkan kebenaran yang datang dari manusia adalah nisbi dan, karena itu, terbuka untuk dipertanyakan, diuji dan dikritik.

Alamat:

Graha STR, Lt.4 R.405, Jl. Ampera Raya No.11, Jakarta Selatan 12550

Telp. /Fax. (021) 7813911

E-mail: nurcholishmadjidsociety@yahoo.co.id

Website: http://www.nurcholishmadjid.net/

3. Konferensi Agung Sangha Indonesia (KASI)

KASI adalah perhimpunan Sangha – sangha dalam suatu persidangan (Konferensi) agung dengan berpedoman pada Kitab Suci Agama Buddha, yaitu; Tipitaka Pali, Tripitaka Mahayana dan Tripitaka berdasarkan Tibet (Kanjur) secara utuh dan merupakan lembaga Tertinggi Dharmaniyoga (Pengambil keputusan Dharma atau Fatwa).

KASI beranggotakan Sangha – sangha yang ada di Indonesia, yaitu : Sangha Agung Indonesia, Sangha Mahayana Indonesia dan Sangha Theravada Indonesia, yang berhubungan langsung dengan organisasi-organisasi Buddhis di Indonesia pada masing-masing ke Tiga Sangha tersebut.

KASI didirikan pada 14 November 1998 oleh para pimpinan tertinggi ketiga Sangha yang ada di Indonesia yaitu: Sangha Agung Indonesia (SAGIN), Sangha Mahayana Indonesia (SMI) dan Sangha Theravada Indonesia (STI).

KASI berazaskan Agama Buddha dan sebagai azas dalam Berbangsa dan Bernegara adalah Pancasila.

Tujuan didirikannya KASI adalah Mantapnya penghayatan dan pembabaran Buddha Dharma di Indonesia yang bersumber Kitab Suci Tripitaka, baik yang berasal dari Tipitaka Pali, Tripitaka Mahayana, maupun Tripitaka Tibet (Kanjur), sesuai dengan penganutnya masing – masing yang terwujud dengan meningkatnya pelaksanaan Dhamma Vinaya para anggota KASI khususnya dan umat Buddha pada umumnya.

Alamat:
Plaza Sentral Lt. 2
Jl. Jendral Sudirman Kav. 47
Jakarta

Telp. 021-5702611
Fax. 021-5702609

email. info@kasi.or.id

4. Majelis Buddhayana Indonesia
Prasadha Jinarakkhita
Jl. Kembangan Raya Blok JJ,
Puri Indah, Jakarta Barat – 11610
T. 021-58359127 T&F. 021-58359125, 021-58359126

Website: http://www.buddhayana.or.id/

 

5. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia – PGI 

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia – PGI (bahasa InggrisChurch Council in Indonesia (CCI); dulu disebut “Dewan Gereja-gereja di Indonesia” – DGI) didirikan pada 25 Mei 1950 di Jakarta sebagai perwujudan dari kerinduan umat Kristen di Indonesia untuk mempersatukan kembali Gereja sebagai Tubuh Kristus yang terpecah-pecah. Karena itu, PGI menyatakan bahwa tujuan pembentukannya adalah “mewujudkan Gereja Kristen Yang Esa di Indonesia.”

Jl. Salemba Raya No. 10 DKI Jakarta, Indonesia10430. Telp (+6221) 3150451 / (+6221) 3150457

e-mail: pgi@bit.net.id website: http://www.pgi.or.id

 

 

5 comments

  1. YTH ICRP
    saya merupakan mahasiswa tingkat akhir yang ingin bergabung dengan ICRP,
    apakah ICRP membuka peluang untuk magang atau untuk bergabung?
    salam, semoga bisa dipertimbangkan 🙂

    • Yth, Dewi Savitri
      ICRP membuka peluang untuk mahasiswa yang ingin magang untuk belajar dan bergabung di kegiatan kami. Informasi lebih lanjut bisa datang ke kantor sekretariat kami di Jalan Cempaka Putih Barat XXI No. 34 Jakarta Pusat. Atau dapat mengajukan surat permohonan via email di icrp@cbn.net.id

      salam,
      Mukhlisin

  2. Muhammad Alfian Wahyu Gumelar

    Yth. ICRP,

    Saya adalah ketua dari Gen Muda, sebuah organisasi non-profit dan non-OSIS dari SMA Negeri 1 Magetan, Magetan, Jawa Timur. Saya sangat mengapresiasi dan kagum dengan kerja keras ICRP selama ini. Apakah ICRP dan organisasi saya dapat mengadakan sebuah hubungan? Kami akan begitu senang hati untuk membantu program-program ICRP.

    Salam,
    Muhammad Alfian Wahyu Gumelar

  3. Assalamualaikum… Salam teman2 icrp, smoga senantiasa sehat selalu..jika berkenan, Boleh saya mendapatkan alamat NGO interfaith?

    Terima kasih banyak

    Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*