Kondisi pasca terjadinya teror bom di salah satu lokasi di Surabaya. Sumber: Merdeka.com
Kondisi pasca terjadinya teror bom di salah satu lokasi di Surabaya. Sumber: Merdeka.com

Negara-negara Ramai Kecam Bom Di Surabaya

ICRP – Teror Bom yang terjadi di wilayah Surabaya dan Sidoarjo beberapa hari ini menyulut kemarahaman dari berbagai kalangan di dunia. Ternyata, tidak hanya masyarakat dalam negeri yang merasa geram dengan aksi yang menelan korban 28 jiwa tersebut (Senin, 14/5/18. Pukul 20.00 WIB). Beberapa negara sahabat menyatakan turut bela sungkawa. Beberapa diantaranya adalah Amerika, Kanada, hingga Korea Selatan.

Melalui akun Twitter, juru bicara Amerika Serikat (AS), Heather Nauert, AS mengecam teror bom di Surabaya. Pemerintah AS mengutuk kejadian tersebut dan turut berduka cita atas serangan bom di tiga gereja Surabaya.

“AS sangat mengutuk serangan terhadap tiga gereja di #Surabaya. Serangan terhadap para jemaat ini merupakan penghinaan terhadap toleransi serta keragaman yang dianut orang Indoensia. Kami berdiri bersama #Indonesia dan menyampaikan belasungkawa terdalam kami.  #UnitedAgainstTerrorism,” tulisnya di Twitter, Minggu (13/5/2018).

Hal yang senada dilontarkan oleh pemerintahan Kanada.  Duta Besar Kanada untuk Indonesia, H.E. Peter MacArthur, mengungkapkan kesedihannya melalui akun twitter.

“Kanada ikut berduka atas serangan membabi buta pada rumah ibadah di #Surabaya. Rasa belasungkawa kami sedalam2nya kpd keluarga mereka yg ditinggalkan dan semoga lekas pulih kpd mereka yg terluka. Kami berdiri bersama #Indonesia dim melawan #terorisme, musuh semua agama @Kemlu_RI,” tulis Peter.

Lebih jauh lagi, pemerintahan Korea Selatan selain memberikan ucapakan keprihatinan, mereka juga mendukung penuh tindakan pemerintah Indonesia untuk melawan segala bentuk tindakan terorisme. bahkan Korea Selatan bersedia untuk menjalin kerjasama dalam kontra terorisme.

“Pemerintah Korea Selatan akan bergandeng tangan dengan masyarakat Indoensia dalam melawan terorisme, yakni teror-teror yang mengancam seluruh umat manusia,” ujar Duta Besar Korsel untuk Indonesia Kim Chang-Beom.

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20180514122523-33-14794/amerika-kanada-sampai-korsel-kecam-aksi-teror-bom-surabaya

Editor: Mukhlisin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*