Walikota Bandung Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada seminar Bandung menuju kota ramah HAM. Sumber: ICRP
Walikota Bandung Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada seminar Bandung menuju kota ramah HAM. Sumber: ICRP

Walikota Bandung Dorong Dialog untuk Ciptakan Kota Ramah HAM

Bandung, ICRP – Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengajak seluruh lapisan masyarakat dari berbagai golongan untuk mengedepankan dialog. Hal tersebut di butuhkan untuk menciptakan suasana kota Bandung yang ramah HAM.

“Saya menunggu rekomendasi hasil dari kegiatan ini. Apa yang harus pemerintah kota lakukan untuk mendorong terciptanya Bandung sebagai kota ramah HAM” tegas pria yang akrab disapa kang Emil tersebut, saat membuka kegiatan Seminar Meneguhkan Kota Bandung sebagai Kota Ramah HAM di Pendopo Kabupaten, Kamis 24 Agustus 2017.

Pada saat yang sama, Ketua Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang (FLADS) Kiagus Zainal Mubarok menyatakan bahwa selama ini kita sudah menyepakati Pancasila sebagai dasar negara. Namun pada kenyataannya hingga saat ini kita masih belajar untuk menerapkannya.

“Ini menjadi tantangan kita bersama. Pancasila sudah menjadi mitsaqan ghalidza. Konsensus nasional” tegas Kiagus Zainal Mubarok. Oleh sebab itu, upaya meneguhkan Bandung sebagai kota ramah HAM adalah salah satu upaya untuk meneguhkan nilai-nilai Pancasila.

Seminar ini merupakan rangkaian workshop Bandung menuju kota ramah HAM. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama ICRP, Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang (FLADS), Jakatarub, GP Anshor, Universitas Kristen Maranatha, Center for Diversity and Peace Studie, Layar Kita, dan Kedutaan Swiss. Workshop ini dihadiri oleh aktivis dan tokoh agamawan di wilayah Bandung dan Sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*