Kolom Musdah Mulia: Membangun Komitmen Terhadap Pencegahan HIV/ AIDS

Musdah Mulia

Pengalaman saya berkaitan dengan HIV/AIDS dan dengan mereka yang terinfeksi virus HIV/AIDS atau ODHA dimulai sejak 22 tahun lalu. Persisnya, tahun 1989 ketika saya masih aktif sebagai ketua Fatayat NU, sebuah organisasi perempuan Islam di lingkungan Nahdlatul Ulama yang  memiliki cabang di seluruh Indonesia. Fatayat sangat intensif melakukan penguatan hak-hak perempuan dengan perspektif kesetaraan gender.

Waktu itu Fatayat sedang mengelola program kelangsungan hidup ibu dan anak bekerjasama dengan UNICEF. Sasaran utama program ini adalah kaum perempuan yang berada dalam usia subur, dan karena tuntutan program, saya berkeliling ke seluruh pelosok Indonesia menjumpai kaum perempuan, terutama terdiri dari ibu-ibu muda, dengan tujuan memberikan penyuluhan dan pemberdayaan seputar isu hak dan kesehatan reproduksi.

Program ini menggunakan pendekatan keagamaan dalam mempromosikan pentingnya menjaga kelangsungan hidup ibu dan anak melalui kegiatan penyadaran tentang hak dan kesehatan reproduksi, pentingnya imunisasi bagi ibu dan anak, serta pentingnya makanan bergizi bagi ibu hamil, ibu menyusui dan anak balita. Melalui pendekatan agama, program ini diterima dengan baik oleh seluruh elemen masyarakat, khususnya di tingkat pedesaan di mana mayoritas anggota Fatayat berdomisili.

 

Untuk membaca tulisan lebih lengkap,  silahkan mengunduh file dibawah ini

http://www.ziddu.com/download/18677031/usdahMuliaMembangunkomitmenterhadappencegahanHIV.pdf.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*