Malik Haramain: Aksi FPI Korbankan Masyarakat Kecil

Ketua Panitia Khusus RUU Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Abdul Malik Haramain menilai aksi-aksi sweeping yang dilakukan (Front Pembela Islam) FPI tidak hanya meresahkan dan menuai kecaman berbagai kalangan, melainkan juga menjadikan masyarakat kecil sebagai korban.

“Aksi FPI hanya menekan dan mengorbankan masyarakat bawah, ketimbang menekan kepolisian atau pemerintah,” begitulah ungkap Malik kepada wartawan, Sabtu (18/2), di Jakarta seperti dikutip gatra.

Abdul Malik Haramain yang juga Pengurus Harian ICRP ini mencotohkan aksi FPI yang merazia warung-warung saat bulan puasa. Padahal menurutnya, warung-warung tersebut adalah masyarakat kecil yang mencari nafkah untuk keluarganya. Jika demikian, maka yang dirugikan adalah masyakat kecil.

Lanjutnya, jika terjadi ketidakadilan penegakan hukum FPI seharusnya melakukan tekanan politik dengan cara konstitusional kepada aparat hukum. Bukan menggusur warung-warung kecil atau objek tertentu.

Kekerasan yang dilakukan FPI merupakan imbas dari pengakan hukum (law inforcement) yang tidak berjalan. Tetapi, tindakan yang kerap dilakukan FPI selama ini juga sering melanggar aturan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*