Tradisi dan Hari Raya Imlek di Indonesia

Senin, 23 Januari 2012 ditetapkan pemerintah sebagai hari libur nasional. Tanggal itu bertepatan pergantian tahun baru China 2563 atau lebih dikenal dengan nama Imlek. Diberbagai daerah di Indonesia persiapan menyambut tahun baru sekaligus hari raya imlek ini sudah terasa 2 pekan sebelumnya. Sampai puncaknya pergantian tahun baru acara yang digelar diberbagai daerah diseluruh Indonesia berjalan dengan lancar dan aman.

Tahun baru Imlek tidak hanya dimaknai sebagai perayaan bagi umat Kong Hu Cu, tetapi juga sebagai tradisi bagi warga Tionghoa meskipun tidak menganut agama Kong Hu Cu. Bagi umat Kong Hu Cu Imlek adalah Hari Besar yang dirayakan dengan berdoa menjelang pergantian tahun baru mereka di kelenteng. Adapun perhitungan pertanggalan dimulai sejak kelahiran Nabi Konfusius pada 551 SM. Angka 2563merupakan penjumlahan dari  551 dan 2012.

Dalam perayaan tahun baru Imlek ini tidak hanya warga Tionghoa yang merasakan kegembiraan. Tetapi warga-warga disekitar tempat pelaksanaan perayaan tersebut juga ikut senang. Masyarakat terasa terhibur dengan suguhan perayaan imlek dari masyarakat Tionghoa seperti permainan barong sai, lampion, pembagian angpao, dll.

Perayaan menyambut Tahun Baru Imlek atau Guo Xin Nian sudah menjadi catatan historis sekitar 4.647 tahun lalu sejak kerajaan dinasti Cina pertama. Penetapan penanggalan Imlek ini dulunya dikenal dengan He Lek yaitu penanggalan Dinasti Xia (2100-1600 SM) yang memperkenalkan sistem penanggalan berdasarkan Solar (Matahari), maka Imlek jatuh pada musim semi.

Bagi masyarakat Tionghoa Indonesia merayakan Imlek selain sebagai sebuah bentuk ekspresi keberagamaan juga sebagai bentuk ekspresi identitas dan tradisi. Di Aceh, meskipun situasi politik yang memanas tidak mempengaruhi perayaan imlek. Justru jemaat yang memperingati imlek lebih besar jumlah jika dibandingkan dengan tahun kemarin. Kemeriahan yang sama juga terlihat di Cirebon, Pontianak, Surabaya, Bandung, Semarang, dan dibarbagai daerah diseluruh nusantara.[Mukhlisin]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*