Undangan Diskusi “Etika Perlindungan Privasi dalam Peliputan Kejahatan Seksual”

Nomor    : 002/AJI-Div.Per/Und/I/2012

Lampiran : Lembar Konfirmasi

Perihal      : Undangan Diskusi “Etika Perlindungan Privasi dalam Peliputan Kejahatan Seksual”

 

 

Kepada Yth.

Rekan-rekan Media

di Tempat

 

Dengan Hormat,

 

Kasus kejahatan seksual masih terus terjadi. Berdasarkan pantauan Komnas Perempuan pada 1998-2011, hampir seperempat kasus yang tercatat adalah kekerasan seksual atau 93.960 kasus kekerasan seksual dari 400.939 kasus yang terpantau. Lima jenis kejahatan seksual terbanyak adalah perkosaan (4.845 kasus), perdagangan perempuan untuk tujuan seksual (1.359 kasus), pelecehan seksual (1.049 kasus) penyiksaan seksual (672 kasus) dan eksploitasi seksual (342 kasus).

 

Kejahatan seksual bagi perempuan memberikan dampak negatif pada korban yang kebanyakan adalah perempuan. Konstruksi sosial yang diciptakan membuat perempuan yang menjadi korban kejahatan seksual menjadi merasa tak berharga, lemah, terbuang, murung, mengucilkan diri, merasa takut dan sebagainya. Trauma yang dialami oleh korban perkosaan ini tidak sama antara satu korban dengan korban yang lain.

 

Berita tentang kejahatan seksual masih sering terdengar. Teryata, masih ada saja berita yang memberitakan berita kejahatan seksual secara cabul. Selain itu juga, masih ada berita yang menyebutkan identitas korban kejahatan seksual. Jika ada pelanggaran privasi korban kejahatan seksual, maka korban akan menjadi ‘korban’ kedua akibat pemberitaan yang dilakukan.

 

Terkait, pentingnya etika perlindungan terhadap korban kejahatan seksual, Divisi Perempuan AJI Indonesia bekerjasama dengan Komnas Perempuan akan melakukan diskusi bertema “Etika Perlindungan Privasi dalam Peliputan Kejahatan Seksual”. Acara ini akan menghadirkan Masruchah (Wakil Ketua Komnas Perempuan), Uni Lubis (Dewan Pers) dan Helga Worotitjan (Lentera Indonesia). Kami mengundang rekan-rekan untuk menghadiri diskusi yang dilaksanakan pada:

 

Hari/Tanggal         : Rabu, 11 Januari 2012

Pukul                      : 09.30 – 12.00 WIB

Tempat                   : Kantor Komnas Perempuan

Jl. Latuharhary 4B Jakarta 10310

 

Demikian undangan yang ingin kami sampaikan. Besar harapan kami, rekan-rekan dapat menghadiri undangan tersebut. Informasi lebih lanjut hubungi Arie di 081298646374. Terima kasih atas perhatiannya.

 

 

Salam hormat,

 

 

 

 

Eko ‘Item’ Maryadi Rach                                                                               Alida Bahaweres

Ketua Umum AJI Indonesia                                     Koordinator Divisi Perempuan AJI Indonesia

 

 

 


Christina Yulita P

Staff Redaksi
Divisi Partisipasi Masyarakat

Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan
Jl. Latuharhary No 4B, Menteng, Jakarta Pusat, 10310
Tel. 021-3903963, fax. 021-3903922, web. www.komnasperempuan.or.id
email: yulita@komnasperempuan.or.id
HP: 08562951873

“berfikir dan bertindak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*