400 Ulama Akan Peringati 2 Tahun Haul Gus Dur

Setidaknya 400 ulama akan memperingati 2 tahun haul Gus Dur yang akan dilaksanakan pada 29-30 Desember 2011 di Jombang Jawa Timur. Para ulama yang terdiri dari para pemimpin pondok pesantren dan kyai muda ini akan menggelar diskusi kebangsaan untuk mengenang jasa-jasa para pendahulu.

“Untuk mengenang 2 tahun wafatnya Gus Dur, kita akan menggelar acara diskusi kebangsaan dengan mengundang para alim ulama muda dan pimpinan pondok pesantren se-Indonesia untuk memerikan pandangannya terkait dengan masalah yang terjadi di negeri ini, khususnya masalah kebangsaan,” ujar Ketua GP Ansor, Nusron Wahid, di Gedung Pimpinan Pusat GP Ansor, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2011) malam seperti dikutip okezone.com.

Berbagai persoalan bangsa yang semakin hari semakin pelik ini perlu mendapat perhatian utama dari para ulama-ulama muda. Seperti yang dilakukan Gus Dur pada zamannya. Gus Dur berperan sebagai seorang ulama muda dan juga sebagai pemerhati kebangsaan. Suara-suara kritis Gus Dur begitu pedas mengkritisi kebijakan-kebijakan yang tidak pro rakyat.

Selain itu, diskusi ini juga diharapkan mampu untuk menguraikan keruwetan negeri ini dan akan memberikan kontribusi positif bagi bangsa. Selain itu, diskusi ini akan menggali warisan-warisan pemikiran ulama-ulama terdahulu yang arif dan bijaksana dalam melihat situasi dan kondisi bangsa “Kita akan menggali referensi fundametal yang diusung pendahulu kita dulu, apakah sudah sesuai atau belum, supaya menjadi clear dan kita akan keluarkan fatwa,” kata Nusron.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*