Kelas Pemikiran Gus Dur

Agenda

Selasa, 20 Desember 2011 11:24
Jaringan GusDurian Indonesia

Kelas Pemikiran Gus Dur

Waktu : Jumat, 23 Desember 2011, Pukul 14.00 WIB – selesai
Tempat : Pojok Gus Dur, Gedung PBNU, Jl. Kramat Raya No. 164 Jakarta

Kelas Pemikiran Gus Dur merupakan satu ruang-diskusif dari Jaringan GusDurian yang konsentrasi pada intelektualisme Gus Dur. Disebut kelas, karena ruang ini merupakan upaya untuk menempatkan pemikiran Gus Dur, sebagai “mata pelajaran” yang dipelajari layaknya proses belajar di dalam sistem kelas, pendidikan kita.

Hal ini berangkat dari kesadaran, bahwa pemikiran Gus Dur memang bisa dikodifikasi, menjadi puluhan mata-pelajaran yang tertata secara didaktik. Maka Kelas Pemikiran Gus Dur akhirnya memiliki keketatan di dalam dirinya sendiri, yang mengacu pada rigiditas dari detail pemikiran Gus Dur, secara komprehensif. Oleh karenanya, sebagai kelas pembelajaran, Kelas Pemikiran Gus Dur memuat pra-syarat di dalam dirinya sendiri.

Pertama, ia bersifat tekstualis. Artinya, pembelajaran pemikiran Gus Dur harus memuat kepemilikan, pemahaman, dan penguasaan atas teks-teks pemikiran Gus Dur. Sehingga diskusi di dalamnya tidak berangkat dari pemahaman awam, common sense, atau pembacaan bukan dari teks utama. Di dalam kelas ini, para pengajar dan pelajarnya haruslah memiliki teks-teks pemikiran Gus Dur, sebagai buku ajaran yang menjadi panduan utama dalam proses pembelajaran.

Kedua, menempatkan Gus Dur sebagai pemikiran. Dalam kelas ini, diskusi atas Gus Dur tidak mengacu pada Gus Dur sebagai personalitas, melainkan Gus Dur sebagai teks pemikiran. Dengan menempatkan Gus Dur sebagai teks pemikiran, maka cita-cita beliau bisa dikaji, dirumuskan dan dilanjutkan melalui kerja-kerja ilmu pengetahuan. Ketiga, Kelas Pemikiran Gus Durhendak mengodifikasikan segenap pemikiran Gus Dur dalam suatu sistem kurikulum yang bisa menjadi pedoman bagi para pelajar pemikiran Gus Dur. Oleh karenanya, kelas ini telah menyediakan kurikulum awal pemikiran Gus Dur, untuk dilengkapi secara bersama.

Dengan pra-syarat ini, maka Kelas Pemikiran Gus Dur diharapkan mampu melahirkan para peneliti pemikiran Gus Dur, secara spesialis. Artinya, akan dilahirkan para peneliti muda yang melakukan penelitian secara spesifik, atas cabang-cabang pemikiran Gus Dur. Tujuannya jelas. Selain merumuskan cabang pemikiran itu, para peneliti muda ini akhirnya bisa melanjutkan kerja intelektual Gus Dur, secara ilmiah. Dengan demikian, gagasan-gagasan besar yang dilahirkan Gus Dur bisa dikembangkan dan dirumuskan bangunan metodologis, konseptual, komparatif-teoritisnya. Akhirnya pemikiran Gus Dur bisa dirumuskan menjadi bangunan ilmiah yang valid secara akademis, menjadi suatu sistem pemikiran tersendiri.

Kelas Pemikiran Gus Dur perdana merupakan upaya penyaringan awal para calon peneliti pemikiran Gus Dur. Untuk itu diskusinya bertujuan menguraikan kurikulum pemikiran Gus Dur, sebagai pijakan awal bagi proses pembelajaran. Kegiatan perdana mengambil tema “Sistem Pemikiran Gus Dur”denganĀ  nara sumber Syaiful Arif (penulis buku Gus Dur dan Ilmu Sosial Transformatif, 2009).

Karena itu kami mengundang Bapak/Ibu hadir dalam kegiatan tersebut.

Jakarta, 9 Desember 2011

Syaiful Arif
(Koordinator)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*