Idul Adha Di Ambon Tanpa Pawai

Menjelang hari raya Idul Adha 1432 Hijriyah yang jatuh pada 6 November 2011 mendatang ada yang berbeda dengan kota Ambon. Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Maluku, Husen Toisuta mengatakan tidak ada pawai takbiran dalam rangkaian hari raya Idul Adha.

“Menjelang perayaan Idul Adha 1432 H yang jatuh 6 November mendatang nantinya tanpa ada pawai takbiran. PHBI Maluku tidak akan melaksanakan pawai takbiran seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Toisuta seperti dilansir hari pagi Siwalima Maluku kepada wartawan di Baileo Rakyat Belakang Soya, Ambon, Rabu (2/11).

Kendati demikian, Toisuta menegaskan kepada semua umat beragama di Ambon untuk turut mendukung pelaksanaan hari raya Idul Adha dengan bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif. Sedangkan takbiran hari raya Idul Adha bagi umat muslim Ambon dapat dilaksanakan di masjid-masjid lingkungan masyarakat.

“Perayaan malam takbiran hanya dilakukan di lingkungan atau masjid masing-masing, sehingga perayaannya benar-benar dapat dimaknai dan diaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat,” tandas Husen Toisuta seperti dikutip antaranews.com

Sedangkan shalat Idul Adha akan dilaksanakan di Masjid Raya Alfatah seperti tahun-tahun sebelumnya dengan imam sholat RR Hasanusi yang merupakan imam Masjid Raya Alfatah, sedangkan khatib belum ditetapkan.

“Masjid Raya Alfatah hingga saat ini masih renovasi sehingga beberapa ruas jalan yang berhadapan dengan masjid akan ditutup,” jelasnya Toisuta.

Seperti layaknya diberbagai daerah lain, setiap perayaan hari raya Idul Adha akan dilaksanakan pemotongan hewan kurban dari masyarakat muslim. Begitupun juga di Ambon, setelah shalat Idul Adha dilaksanakan di Masjid Raya Alfalah akan dilanjutkan dengan prosesi penyembilhan hewan kurban.

Seperti dikutip antaranews.com, hewan kurban yang diterima Yayasan Wakaf Alfatah Ambon diantaranya sumbangan dari Pemprov Maluku yang diserahkan langsung oleh Gubernur Karel Albert Ralahalu sebanyak 61 ekor yang terdiri dari 10 sapi dan 51 kambing.  Sedangkan Pemkot Ambon menyumbangkan 52 hewan kurban, terdiri dari 12 sapi dan 40 kambing yang penyerahannya dilakukan oleh Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Wali Kota Sam Latuconsina.

Semoga perayaan hari raya kurban bagi umat muslim kali ini berjalan dengan aman dan kondusif sebagai bentuk kemajemukan dan perdamaian di tanah “Ambon Manise”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*