Enam Negara Hadiri Global Peace Leadership Conference

Sabtu, 10 April 2010 15:27 WIB
TRIBUNNEWS.COM Jakarta – Enam negara yakni, Malaysia, Filiphina, Singapura, Jepang, Korea, dan Taiwan ikut menghadiri Global Peace Leadership Conferece di Indonesia. Acara yang dilaksanakan di Hotel Grand Said Jaya, Jakarta ini diikuti sekitar 200 orang yang berasal dari organisasi kemanusiaan, perguruan tinggi, dan sejumlah perkumpulan lainnya.

“Acara ini dimaksudkan bagaimana mengkampanyekan interservise operation dan interservice dialog dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka membangun damai,” kata ketua pelaksana, Siti Musdah Mulia, saat ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Sabtu (10/4/2010).

Acara ini pun juga sebagai sarana saling bertukar penglaman antar negara dalam rangka membangun perdamaiaan. “Adanya enam negara yang hadir dalam acara inin lebih ditujukan untuk bertukar pengalaman antar negara, bagaimana membangun damai di negara-negara yang bersangkutan,” jelasnya.

Ditambahkan, Indonesia masih termasuk negara yang rawan konflik, di tahun 2010 ini, Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) sudah mencatat ada 40 konflik. “Ini harus mendapatkan perhatian dari pemerintah dan masyarakat supaya perdamaiaan bisa tercapai di Indonesia,” lanjut Siti Musdah.

Menurutnya, solusi untuk memperbaiki konflik yang ada di Indonesia bisa dengan adanya perbaikan kurkulum dan interservice. “Perdamaiaan bisa tercapai apabila pemerintah memperbaiki kurkum pendidikan agama dan interservice. Negara harus tegas dan netral terhadap semua kelompok tanpa ada adanya pembedaan antara mayoritas dan minoritas,” pungkasnya.

One comment

  1. saya tertarik ikutan, tapi bingung cara apply buat jadi peserta. terima kasih 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*