ICRP Curhat Soal Banyaknya Kekerasan Berbasis Agama ke Wapres

Gunawan Mashar – detikNews

Jakarta – Indonesian Conference Religion and Peace (ICRP) mengeluhkan masih banyaknya kasus berbasis agama di Indonesia. Mereka mengungkapkan lambannya penanganan kasus dari pemerintah ke Wakil Presiden (Wapres) Boediono.

“Kami menyampaikannya ke Pak Wapres, masih banyaknya kekerasan yang berbasis agama sampai saat ini,” ujar Sekjen ICRP, Romo Johannes Harjanto, dalam konferensi pers usai bertemu dengan Wapres di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (9/2/2010).

Johannes mengungkapkan pada bulan Januari 2010 ini saja kekerasan berbasis agama berkisar 20 kasus. “Temasuk kasus di Bekasi beberapa waktu lalu,” ucap Johannes.

Selain kekerasan dilakukan oleh kelompok tertentu, Johannes juga mengungkapkan bahwa kekerasan berbasis agama ini juga kerap dilakukan pemerintah dengan pelarangan, dan peraturan-peraturan yang melanggar kebebasan beragama.

Johannes juga mengkritik masih adanya kesalahan penanganan kasus kekerasan berbasis agama yang dilakukan pemerintah. Menurutnya, pemerintah terkadang salah memroses pelakunya. “Yang diproses polisi korban, bukan pelaku kekerasan,” tuturnya.

(gun/nrl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*