Cegah Sebelum Terlambat

Apa yang ada di benakmu jika mendengar kata kanker? Ada yang berseloroh kanker itu “kantorng kering”. Seloroh itu ada betulnya juga. Karena penyakit kanker bisa menyebabkan kantong kering dalam arti yang sebenarnya. Kita bisa kehilangan rumah, mobil, bahkan kebahagiaan bersama orang-orang tercinta.

Kanker Bisa Dicegah!

Yang disebut pengidap kanker itu tidak serta–merta terjadi begitu aja loh. Ada fase pra kanker sebelum seseorang betul–betul mengidap kanker. Fase pra kanker ini terjadinya sangat panjang, antara 3 – 17 tahun. Kesempatan seseorang untuk sembuh bisa 100% jika dilakukan upaya pencegahan dan pengobatan ketika masih di fase pra kanker.

Tapi jika sudah dalam fase kanker, menurut Dr. Purnomo, tinggal menghitung hari saja. Upaya pengobatan yang diberikan kepada pengidap kanker pada dasarnya hanya untuk mengurangi rasa sakit yang diderita pasien. Karena itu lebih baik melakukan pencegahan daripada pengobatan.

Nah, pencegahan itu ada tiga tahap; yaitu pencegahan primer (mengikuti acara edukasi tentang kanker atau melakukan vaksinasi); pencegahan sekunder (melalui papsmear); dan pencegahan tersier (melakukan terapi dan pengobatan rutin). Upaya pencegahan ini penting agar kita bisa mendeteksi apakah ada sel abnormal yang tumbuh di dalam tubuh kita.

Silakan mengirim email ke redaksi@icrp-online.org untuk membaca artikel selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*