Harian

2 Ilmuan Raih Habibie Award 2011

Prof. Dr. Soekarja Somadikarta dan Prof. Dr. Ir. Sajogyo adalah dua ilmuan yang mendapatkan penganugerahan Habibie Award Periode XIII 2011 pada Kamis, (10/11/2011) kemarin. Keduanya mendapatkan penganugerahan atas jasa dan ketekunan kedua ilmuan tersebut dalam masing-masing bidang ilmu yang mereka geluti.  Pemberian penganugerahan prestisius ini selain dihadiri oleh rekan dan kolega pemberi award juga dihadiri tokoh-tokoh penting seperti Frans Magnis Suseno, Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono MMA, Malik Fadjar, Prof. Dr. –Ing. Wardiman Djojonegoro dan berbagai akademisi, aktivis, dan aparat pemerintahan.

Prof. Dr. Soekarja Somadikarta mendapatkan penganugerahan Habibie Award dalam bidang ilmu dasar. Guru besar FMIPA Universitas Indonesia ini pada awal karirnya bekerja sebagai Ajun Komis, Dinas Kesehatan, Komando Daerah Maritim Jakarta, Staff Angkatan Laut, Kementrian Pertahanan RI. Pada tahun 1952 ia diangkat menjadi asisten Protozaire en Virus ziekten / Lembaga Penyakit Menular, Fakultas Kedeokteran Hewan, Universitas Indonesia, Bogor.

Somadikarta menekuni bidang keahlian Ornitologi atau Taksonomi. Karya-karyanya telah banyak dikenal orang baik dari dalam dan luar negeri, baik dalam bentuk jurnal, buku serta tulisan ilmiah lainnya, maupun dalam bentuk aktifitas beliau dalam kegiatan dan forum-forum ilmiah diberbagai belahan dunia. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika somadikarta telah menyabet bergbagai gelar prestisius baik dalam maupun luar negeri. Penghargaan tersebut diantaranya berasal dari National Academy of Sciences-National research Council (USA) sebagai Visiting Research Associate di Departementof Ornithology, Smithsonian Institution, Washington D,C,.

Selain itu, Somadikarta juga menyandang sebagai anggota kehormatan Honorary Member oleh The British Ornithologist’s Union, dan terpilis sebagai Honorary Presdident dari International Ornithological Congress yang ke XXV oleh The International Ornithologists’s Union. Sedangkan panitia seleksi Habibie Awardmemilih Somadikarta sebagai penerima Habibie Award dibidang Ilmu Dasar, atas prestasi-prestasi beliau sebagai peletak dasar ilmu perburungan di Indonesia.

Selain Somadikarta, penerima penghargaan Habibie Award adalah Prof. Dr. Ir. Sajogyo. Pria sepuh kelahiran Kebumen, 21 Mei 1926 ini memperoleh penghargaan dalam bidang ilmu sosial. Atas jasa-jasa beliau dalam meletakkan dasar-dasar studi sosial-ekonomi pedesaan di Indonesia beliau dikenal berbagai kalangan sebagai ” Bapak Sosiologi Pedesaan Indonesia” atau “Bapak Ekonomi-Sosilogi”. Tetapi sayang sekali atas usia beliau yang semakin uzur, dan faktor kesehatan yang semakin menurun, beliau tidak dapat langsung menerima pernghargaan tersebut. Dan pada kesemptan tersebut beliau diwakili oleh Prof. Dr. Endriatmo Soetarto, M. A., seorang murid langsung Prof. Sajogyo yang kini menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional (STPN) Yogyakarta dan Pengajar di Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institute Pertanian Bogor (IPB).

Endriatmo Soetarto dalam kesempatan tersebut memaparkan bagaimana keseriusan dan ketekunan Prof. Sajogyo dalam meletakkan fondasi ilmiah bagi tersedianya pengetahuan, alat-alat konseptual, dan pendektan metodologis yang memadai untuk memahami akar dan problematika, serta transisi agraria di pedesaaan Indonesia. Cita-cita Prof. Sajogyo untuk terus mendorong penyelamatan indonesia dengan membangun desa dengan segenap kedaulatan manusia dan alat-alat produksinya diejawantahkan dalam sebuah lembaga Sajogyo Institute (SAINS) pada tahun 2005. Lewat lembaga ini beliau mewakafkan harta benda melalui lembaga ini. Cita-cita Prof. Sajogyo ini berkesinambungan dengan cita-cita para pendiri bangsa, dan juga cita-cita kita bersama yaitu: ” Membangun KeIndonesiaan Yang Cerdas dan Merdeka”

Prof. Dr. –Ing. Wardiman Djojonegoro selaku pengurus dan pemberi penghargaan Habibie Award menyampaikan dalam usia yang ke-12 The Habiebie Center telah memberikan penghargaan Habibie Award  yang ke 13. Tujuan pemberian Award ini adalah untuk mendorong kemajuan iptek Indonesia kedepan. “Selain dengan pemberian award, the Habibie Center juga mendorong kemajuan iptek dengan memberikan beasiswa” tutur Wardiman. Wardiman berharap dengan adanya program award dan beasiswa dari The Habibie Center ini diharapkan bisa memicu ilmu pengetahuan dan teknologi dimasa yang akan datang.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close